Ganti Oli Sendiri? Inilah Cara Mengganti Oli pada Motor dengan Mudah

Mengganti oli secara berkala ternyata bisa dilakukan sendiri dan dirumah tanpa harus ke bengkel. Tahap-tahapan dan mekanisme tidak terlalu sulit bahkan hanya membutuhkan waktu 5 menit Jika mempunyai perlengkapan. Berikut ini cara mengganti oli pada motor agar lebih hemat biaya dan mengurangi aktivitas di luar rumah. Menghemat biaya karena Anda bisa melakukannya sendiri tanpa harus ke bengkel.

Simak Cara Mengganti Oli pada Motor

Oli pada motor mempunyai fungsi untuk melumasi komponen transmisi dan mesin supaya bekerja dengan baik. Tetapi seiring waktu oli akan menimbulkan kotoran, oksidasi, berkurangnya viskositas dan aditif yang ada pada oli menjadi hilang.

Hal ini menandakan bahwa Anda harus mengganti oli. Proses penggantian oli pada mesin motor tidak terlalu sulit. Anda bisa mengikuti panduan cara mengganti oli pada motor berikut ini.

Menyiapkan Alat

Hal yang harus Anda lakukan pertama kali saat mengganti motor adalah membutuhkan alat. Alat tersebut berupa wadah penampung oli bekas, corong oli, yang, oli baru dan kunci ring. Pastikan kunci ring sesuai dengan spesifikasi motor Anda karena terdapat ukuran yang berbeda-beda.

Gunakan kunci ring 12 dan 17 untuk motor matic Sedangkan untuk motor gede 150cc menggunakan kunci ring ukuran 19.

Mengganti Oli Dalam Kondisi Mesin Hangat

Pastikan saat mengganti oli mesin motor dalam keadaan hangat. Hidupkan motor sekitar 1 hingga 3 menit saja lalu matikan. Hindari penggantian oli saat mesin masih panas, jadi pastikan mesin dalam keadaan hangat. Hal ini dinilai merugikan untuk Anda karena mesin dalam keadaan panas akan sulit untuk membuka baut. Jika Anda kesulitan lalu tetap memaksa maka baut tersebut akan slek dan rusak.

Cara mengganti oli pada motor, mesin dalam keadaan panas sangat berbahaya untuk Anda. Karena suhu oli yang keluar akan membakar kulit jika langsung terkena tangan. Kemudian mesin dalam keadaan panas membutuhkan waktu yang cukup lama untuk cairan oli turun dan keluar secara full.

Tetapi mengganti oli dengan keadaan mesin sudah dingin juga tidak baik. Karena saat mesin dingin sifat oli akan mengental jadi saat penggantian oli akan sulit keluar dan dikhawatirkan akan menempel pada dinding maka dari itu lebih baik mengganti oli saat mesin dalam keadaan hangat.

Mencopot Baut dan Menyiapkan Wadah

Setelah memanaskan motor hingga hangat, cara mengganti oli pada motor posisikan motor pada standar dua atau tengah. Selanjutnya tap oli menggunakan pembuka baut yang terletak pada bagian bawah mesin. Untuk mesin matic sebaiknya menggunakan kunci ring 12/17 lalu untuk motor gede 150cc menggunakan Pring berukuran 19. Selanjutnya buka baut oli menggunakan kunci dengan mendorong baut ke sebelah kanan untuk membuang oli bekas lalu menggantinya dengan yang baru.

Biarkan oli keluar secara full lalu buka tutup pengisian terletak pada atas dan menempel di mesin. Biarkan sejenak agar oli keluar hingga habis. Hindari menyemprotkan kompresor angin ke dalam lubang karena kompresor mengandung air yang berbahaya untuk mesin.

Selanjutnya pastikan oli sudah keluar secara full lalu lap sisa kotoran yang menempel.

Menuang Oli

Sebelum menuang oli yang baru pastikan Anda sudah menutup baut pada bawah mesin. Karena jika tidak ditutup maka akan terbuang sia-sia. Jika mengalami kerusakan segera untuk mengganti dengan yang baru. Selanjutnya buka oli baru yang masih dalam keadaan segel.

Lalu masukkan oli ke depan lubang pengisian dengan menggunakan corong agar oli tidak tumpah dan terbuang sia-sia. Untuk motor matic Anda hanya perlu menggunakan oli mesin dengan kapasitas 800 ml. Sedangkan untuk motor gede membutuhkan oli 1 liter.

Memanaskan Mesin

Untuk step terakhir tutup baut pada atas pengisian oli dan lakukan dengan menstarter motor. Panaskan mesin sekitar 1 hingga 5 menit saja. Hal ini bertujuan supaya oli mesin bersirkulasi untuk melumasi mesin secara menyeluruh.

Mengganti oli sebenarnya sangat mudah dan tidak terlalu ribet. Jika Anda tidak sibuk bisa mengganti oli dengan mengikuti cara mengganti oli pada motor di atas. Dengan demikian Anda akan menghemat pengeluaran karena tidak perlu pergi ke bengkel.

Tinggalkan komentar