Inilah Cara Merawat Motor Matic dengan Benar dan Awet

Saat ini banyak sekali pengguna yang memilih motor matic daripada manual. Walaupun awalnya matic digunakan oleh perempuan karena mudah saat menggunakan motor. Tetapi belakangan ini para pria juga memilih untuk menggunakan motor tidak jarang mereka tidak mengetahui cara merawat motor matic dengan benar. Pada artikel kali ini akan membahas mengenai tips merawat motor.

Inilah Cara Merawat Motor Matic dengan Benar dan Awet
pinterest.com

Cara Merawat Motor Matic dengan Benar

Saat ini motor matic menjadi idola untuk semua masyarakat Indonesia bahkan saat ini pemasaran motor matic sudah melebihi dari motor bebek dan sport. Dengan adanya fenomena hampir semua pabrik motor berlomba-lomba untuk mengeluarkan motor matic dengan keunggulan serta pangsa pasar masing-masing.

Tak jarang banyak juga yang tidak mengetahui cara merawat motor matic dengan benar. Berikut ini cara merawat agar lebih awet.

Memanaskan Motor Pada Pagi Hari

Memanaskan motor mempunyai tujuan supaya mesin pemanas serta oli siap untuk melumasi mesin sehingga performanya lebih maksimal. Anda hanya perlu memanasi selama 5 hingga 10 menit setiap pagi dengan menggunakan kick starter untuk menyalakan.

Memperhatikan Timing Belt

Timing belt merupakan bagian yang sangat penting untuk motor matic karena mempunyai fungsi yang sama seperti rantai pada motor bertransmisi. Jadi Anda harus merawat motor dengan memperhatikan timing belt supaya tidak mengeras. Jika sudah mengeras maka motor Anda akan sulit berjalan dan menghambat perjalanan.

Menggunakan Bensin Berkualitas serta Jangan Sampai Kehabisan

Jika Anda memperhatikan tangki motor akan terlihat tulisan standar bensin yang baik digunakan. Selalu menggunakan bensin yang sesuai dan di tempat terpercaya. Sebaiknya mengisi bensin sebelum kehabisan terutama pada motor berteknologi injeksi hal ini membuat mesin cepat rusak.

Memperhatikan Oli CVT

CVT merupakan continuous variable transmission yang mempunyai fungsi sebagai transmisi pada motor matic. Cara kerjanya dengan mengganti transmisi dari motor matic secara langsung dan sesuai dengan kecepatan saat Anda berkendara.

CVT merupakan bagian yang sangat penting pada matic sebabĀ  letak utama pada penggerak dari motor matic. Maka dari itu sebaiknya Anda memperhatikan oli pada CVT serta menggantinya secara berkala supaya transmisi motor matic tetap pada kondisi prima.

Melakukan Servis Tepat Waktu

Perawatan yang dilakukan dalam servis berkala motor matic misalnya seperti membersihkan karburator, penggantian oli dan setting motor. Sebaiknya melakukan servis 3 bulan sekali atau sesuai KM yang ada dan jangan lupa untuk membiasakan servis pada bengkel resmi.

Hal ini bertujuan supaya saat membutuhkan pergantian suku cadang sudah pasti akan diganti dengan suku cadang yang asli.

Mengganti Oli Mesin Secara Berkala

Oli mesin merupakan kebutuhan motor yang harus terpenuhi apalagi dalam hal perawatan. Sebaiknya Anda selalu mengecek oli dan menggantinya secara berkala sesuai dengan pemakaian supaya selalu terkesan baru.

Apabila oli sudah kotor dan tidak bisa terganti maka dampaknya mesin pada motor akan mempengaruhi. Mengganti oli dilakukan jika sudah menempuh jarak 3000 KM atau 3 bulan sekali. Penggantian oli mempunyai fungsi untuk menjaga kebersihan mesin motor.

Ganti Oli Shockbreaker

Bukan hanya oli mesin Anda juga harus memperhatikan oli pada shockbreaker secara berkala. Jadwal penggantian oli biasanya setelah melewati 10000 km.

Pastikan Vanbelt dan Roller Dalam Kondisi Baik

Vanbelt dan roller merupakan dua komponen yang membuat motor bisa melaju. Selalu pastikan fan Blade pada motor dalam kondisi baik sebab fan Blade terbuat dari karet. Jadi saat kondisinya buruk atau terlalu tua bisa saja akan putus di tengah jalan dan membuat motor tidak bisa berjalan.

Perawatan Aki

Untuk mengetahui kondisi aki motor matic memang cukup sulit. Tetapi jangan sampai aki pada motor Anda mati, karena jika aki motor mati Anda harus menggunakan kick starter saat menyalakan motor. Untuk motor matic penggantian aki sebaiknya sering dilakukan dalam 7 hingga 8 bulan sekali.

Menstabilkan Kecepatan Gas

Biasanya hal ini sering dilakukan oleh para pengguna motor matic saat kecepatan motor dalam kondisi cepat lalu tiba-tiba menurunkan gas begitu saja dan sebaliknya. Karena tanpa Anda sadari hal ini bisa merusak masa umur mesin.

Maka dari itu kecepatan yang kurang stabil tidak hanya akan merusak mesin tetapi akan merusakkan blackmore pada motor Anda.

Setelah mengetahui cara merawat motor matic dengan benar pastikan Anda mulai merawat motor dengan cara tersebut. Hal ini bertujuan supaya motor Anda awet dan tidak mudah rusak.

Tinggalkan komentar